PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TEHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

0853031035, OSIE OTRINIA PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TEHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (340Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (220Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (3659Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (346Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (332Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (252Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (235Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (11Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (25Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (17Mb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (36Mb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (2245Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pendidikan di Indonesia saat ini dihadapkan pada masalah rendahnya prestasi atau hasil belajar peserta didik. Hal ini tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar di dalam kelas, antara lain persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengelola kelas dan pemanfaatan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengelola kelas dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 4 Bandar Lampung semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas X SMA Negeri 4 Bandar Lampung yang berjumlah 285 siswa, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 167 siswa yang dihitung denga menggunakan rumus T.Yamane. Data yang terkumpul melalui angket, diolah dengan komputer melalui program SPSS versi 16. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji regresi linier. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. 1. Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengelola kelas terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012 yang ditunjukan. Hal ini ditunjukan dengan t hitung > t tabel yaitu 8,115 > 1,974 dengan koefisien korelasi (r) 0,536 dan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,287 yang berarti hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengelola kelas sebesar 28,7% dan sisanya 71,3% dipengaruhi oleh faktor lain. 2. Ada pengaruh yang positif dan signifikan pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012 yang ditunjukan. Hal ini ditunjukan dengan t hitung > t tabel yaitu 7,928 > 1,974 dengan koefisien korelasi (r) 0,525 dan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,276 yang berarti hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh pemanfaatan media pembelajaran sebesar 27,6% dan sisanya 72,4% dipengaruhi oleh faktor lain. 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengelola kelas dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA N 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012 yang ditunjukan. Hal ini ditunjukan dengan F hitung > F tabel yaitu 58,540 > 3,015 dengan koefisien korelasi (r) 0,645 dan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,416 yang berarti hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengelola kelas dan pemanfaatan media pembelajaran sebesar 41,6% dan sisanya 58,4% dipengaruhi oleh faktor lain.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: TIK . 6
Date Deposited: 15 Jan 2016 02:31
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 02:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16973

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir