Talip, ERNANI (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN KARTU HURUF DAN ANGKA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS I SDN 4 AMBARAWA PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Cover Dalam.pdf - Published Version Download (132Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Halaman Persetujuan.pdf - Published Version Download (289Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Halaman Pengesahan.pdf - Published Version Download (280Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab I.pdf - Published Version Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab II.pdf - Published Version Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab III.pdf - Published Version Download (329Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (134Kb) |
||
|
File PDF
Bab V.pdf - Published Version Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Lampiran-Lampiran.pdf - Published Version Download (940Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran tema keluarga di kelas I SDN 4 Ambarawa, terdapat permasalahan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Guru juga kurang memanfaatkan media kartu huruf dan angka. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus menggunakan langkahlangkah: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah guru peneliti, dan siswa kelas I sebanyak 15 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu huruf dan angka dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Nilai rata-rata persentase aktivitas belajar siswa siklus I 65,00%, meningkat menjadi 78,89% di siklus II. Nilai rata-rata persentase kinerja guru dalam pembelajaran pada siklus I 71% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 78% (sangat baik). Rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 73,08, meningkat menjadi 79,69 di siklus II. Ketuntasan belajar siklus I mencapai 66,67% (belum tuntas), naik pada siklus II menjadi 93,33% (tuntas). Kata kunci: Aktivitas belajar, hasil belajar, kartu huruf dan angka
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 28 May 2014 06:23 |
Terakhir diubah: | 28 May 2014 06:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1700 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |