UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN KARTU HURUF DAN ANGKA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS I SDN 4 AMBARAWA PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Talip, ERNANI (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN KARTU HURUF DAN ANGKA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS I SDN 4 AMBARAWA PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Cover Dalam.pdf - Published Version

Download (132Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Halaman Persetujuan.pdf - Published Version

Download (289Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Halaman Pengesahan.pdf - Published Version

Download (280Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab I.pdf - Published Version

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab II.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab III.pdf - Published Version

Download (329Kb) | Preview
[img] File PDF
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (134Kb)
[img]
Preview
File PDF
Bab V.pdf - Published Version

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Lampiran-Lampiran.pdf - Published Version

Download (940Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran tema keluarga di kelas I SDN 4 Ambarawa, terdapat permasalahan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Guru juga kurang memanfaatkan media kartu huruf dan angka. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus menggunakan langkahlangkah: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah guru peneliti, dan siswa kelas I sebanyak 15 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu huruf dan angka dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Nilai rata-rata persentase aktivitas belajar siswa siklus I 65,00%, meningkat menjadi 78,89% di siklus II. Nilai rata-rata persentase kinerja guru dalam pembelajaran pada siklus I 71% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 78% (sangat baik). Rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 73,08, meningkat menjadi 79,69 di siklus II. Ketuntasan belajar siklus I mencapai 66,67% (belum tuntas), naik pada siklus II menjadi 93,33% (tuntas). Kata kunci: Aktivitas belajar, hasil belajar, kartu huruf dan angka

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 28 May 2014 06:23
Terakhir diubah: 28 May 2014 06:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1700

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir