Junawirik Alm, Laila Munasyaroh (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (239Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf - Published Version Download (193Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (260Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (77Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (94Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (6Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Saat ini pelaksanaan pembelajaran di SDN 1 Madajaya Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran khususnya pada mata pelajaran matematika masih menggunakan metode pembelajaran langsung. Pada pembelajaran ini, peran guru sangat dominan dan cenderung guru hanya sebagai pentransfer pengetahuan dan informasi kepada siswanya. Tidak dapat dipungkiri bahwa pembelajaran seperti ini, membuat siswa merasa jenuh dan bosan sehingga siswa tidak termotivasi untuk belajar. Hal ini mengakibatkan dalam diri siswa tidak terjadi perubahan sehingga berdampak hasil belajar menjadi rendah. Berdasarkan data hasil survai diperoleh bahwa siswa yang belum tuntas mencapai 10 siswa (26%) dari 38 siswa pada pembelajaran mengenai Operasi Hitung Bilangan Oleh karena itu penulis ingin mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVSDN 1 Madajaya Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran. Dalam usaha meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, penulis menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada pokok bahasaan Operasi Hitung Bilangan. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IV SDN 1 Madajaya Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran. Adapun metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Teknik pengumpulan data digunakan observasi, catatan lapangan, dokumentasi, tes awal dan tes formatif. Sedangkan teknik analisis data digunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada pokok bahasan lingkaran kelas IV SDN 1 Madajaya Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I =15 siswa (39%) dinyatakan aktif, siklus II=31 siswa (78%) dinyatakan aktif. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan persentase ketuntasan belajar yaitu pada siklus I = 15 siswa (39 %), siklus II =31 siswa (81%). Kata kunci: Aktivitas, hasil belajar siswa, model pembelajaran TAI
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 28 May 2014 06:32 |
Terakhir diubah: | 28 May 2014 06:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1706 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |