PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V A SD NEGERI 10 METRO TIMUR

0713053023, Dwi Sugito (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V A SD NEGERI 10 METRO TIMUR. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (142Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (139Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (258Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover 1.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover 2.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cv.pdf

Download (3897b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar lampiran.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
motto.pdf

Download (313Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (4094b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (354Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (8Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran IPA di kelas V A SD Negeri 10 Metro Timur belum berlangsung seperti yang diharapkan. Guru belum menyesuaikan metode yang tepat pada materi yang diajarkan, pembelajaran masih terpaku pada buku (text book) dan masih bersifat guru sentris (teacher centred) sehingga diduga menjadi penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan aktivitas siswa kelas V A; dan (2) peningkatan hasil belajar siswa kelas V A pada pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Daur dalam penelitian tindakan kelas diawali dengan perencanaan tindakan (planning), melaksanakan tindakan (action), mengobservasi hasil tindakan (observing), dan melakukan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan alat tes. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan kinerja guru dalam pembelajaran. Sedangkan alat tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Hal ini dilihat dari peningkatan persentase aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas siswa berada pada kategori cukup aktif yaitu 74,54% menjadi kategori aktif pada siklus II yaitu 88,05%, peningkatan sebesar 13,51%. Hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan pada siklus I yaitu sebesar 69,23% dan siklus II 88,46%, peningkatannya sebesar 19,23%. Kata Kunci: metode eksperimen, aktivitas belajar, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:03
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 03:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17094

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir