PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP ILMIAH PADA PEMBELAJARAN FISIKA

, Anan Fernandianto (2013) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP ILMIAH PADA PEMBELAJARAN FISIKA. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
2. Cover Dalam.pdf - Published Version

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Abstrak.pdf - Published Version

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Menyetujui.pdf - Published Version

Download (129Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Mengesahkan.pdf - Published Version

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Surat Pernyataan.pdf - Published Version

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (132Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (307Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (404Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (89Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (2040Kb)

Abstrak

Instrumen penilaian sikap ilmiah pada pembelajaran fisika merupakan salah satu instrumen penilaian ranah afektif dalam ruang lingkup evaluasi pembelajaran fisika. Namun, dalam praktiknya masih banyak guru yang belum melaksanakan penilaian sikap ilmiah karena belum tersedianya instrumen tersebut di sekolah. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan guru dalam penilaian sikap ilmiah pada pembelajaran fisika yang relevan sesuai dengan standar penilaian pendidikan, maka peneliti telah mengembangkan instrumen penilaian sikap ilmiah pada pembelajaran fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat instrumen penilaian sikap ilmiah pada pembelajaran fisika. Subjek penelitian dalam penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gadingrejo. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian yang diadaptasi dari modifikasi model Borg dan Gall yang disintesiskan dengan prosedur pembakuan instrumen dalam Juknis Penyusunan Perangkat Penilaian Afektif oleh Direktorat Pembinaan SMA. Model ini memiliki lima tahapan pengembangan yang terdiri dari analisis kebutuhan, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba lapangan dan revisi, dan kemudian produksi. Anan Fernandianto Berdasarkan hasil uji coba keoperasionalan produk yang telah dilakukan maka produk berupa instrumen penilaian sikap ilmiah siswa telah tercapai kesesuaiannya sebagai salah satu instrumen penilaian ranah afektif untuk mata pelajaran fisika di sekolah menengah atas. Kata kunci: instrumen penilaian, sikap ilmiah, pembelajaran fisika.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 28 May 2014 06:34
Last Modified: 28 May 2014 06:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1714

Actions (login required)

View Item View Item