PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP

0513024031, IKE ISTARINA (2016) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0513024031-abstrak.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0513024031-kesimpulan.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0513024031-pendahuluan.pdf

Download (60Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup, (2) rata-rata keterampilan proses sains siswa pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup yang lebih tinggi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII eksperimen dan siswa-siswi kelas VII B A sebagai kelas sebagai kelas kontrol. Penetapan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan pada kelas kontrol dengan menggunakan pendekatan konvensional. Desain yang digunakan adalah pretes postes tak ekuivalen dan dihitung N-gainnya. Data Keterampilan proses sains diambil melalui tes dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji t pada taraf kepercayaan 5% dengan menggunakan program SPSS 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-gain pada kelas eksperimen yaitu 69,56 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 48,79. Uji t 1 t hit(8,532) > t tab(2,002) sehingga H 0 pada N-gain diperoleh ditolak. Artinya rata-rata N-gain pada kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan rata-rata N-gain pada kelas kontrol. Kemudian hasil uji t 2 menunjukkan bahwa t hit(12,327) > t tab(2,045), sehingga H 0 Artinya rata-rata N-gain pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata N- gain pada kelas kontrol, sehingga dapat dinyatakan keterampilan proses sains siswa pada meteri pokok ciri-ciri makhluk hidup yang menggunakan pendekatan kontekstual lebih tinggi jika dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) pendekatan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok ciri- ciri makhluk hidup, dan (2) rata-rata keterampilan proses sains siswa pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:01
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 03:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17199

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir