PENINGKATAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 MENGGALA

0923011050, NOVI MILANDA (2012) PENINGKATAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 MENGGALA. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
0923011050-abstract.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0923011050-abstrak.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0923011050-kesimpulan.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0923011050-pendahuluan.pdf

Download (120Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan; (1) perencanaan pembelajaran (2) pelaksanaan pembelajaran (3) sistem evaluasi (4) peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action classroom research) yang dilaksanakan dengan 3 siklus. Tindakan pada siklus pertama pembelajaran dengan menggunakan media gambar yang tidak di proyeksikan, siklus kedua dengan media gambar yang di proyeksikan, dan siklus ketiga dengan menggunakan audio visual. Kesimpulan penelitian ini adalah; (1) peningkatan perencanaan pembelajaran, diperoleh hasil siklus 1 yaitu 2,4 siklus 2 yaitu 3,1 dan siklus 3 yaitu 3,9 (2) peningkatan aktivitas belajar siswa, pada kelas 8A siklus 1 siswa yang aktif 24%, siklus 2 siswa yang aktif 50%, dan siklus 3 siswa yang aktif 80,07%. Sedangkan peningkatan aktivitas belajar siswa, pada kelas 8B siklus 1 siswa yang aktif 19,2%, siklus 2 siswa yang aktif 38,4%, dan siklus 3 siswa yang aktif 80% (3) sistem evaluasi di lihat dari soal yang digunakan yaitu 10 soal pilihan ganda dan 5 soal essay dengan validitas siklus 1 0,332, siklus 2 0,385, dan siklus 3 0,361. Untuk reabilitas pada siklus 1 0,269, siklus 2 0,385, siklus 3 0,492. Untuk daya pembeda pada siklus 1 0,266, siklus 2 0,238, dan siklus 3 0,189. Dan untuk tingkat kesukaran pada siklus 1 0,645, siklus 2 0,678, dan siklus 3 0,736. (4) Peningkatan prestasi belajar siswa, pada kelas 8A siklus 1 siswa yang tuntas 40%, siklus 2 siswa yang tuntas 69,2%, dan siklus 3 siswa yang tuntas 100%. Sedangkan peningkatan prestasi belajar siswa, pada kelas 8B siklus 1 siswa yang tuntas 34,6%, siklus 2 siswa yang tuntas 69,27%, dan siklus 3 siswa yang tuntas 100% Abstract The purpose of this study was to describe: (1) lesson planning (2) implementation of learning (3) evaluation system (4) increase student achievement by using the media image. This research is a class action (action research classroom) carried out with 3 cycles. Action on the first cycle of learning by using the media images that are not, are projected, a second cycle with the media images are projected, and the third cycle by using the audio visual. The conclusion of this study are: (1) increasing learning plan, the result is 2.4 cycle 1 cycle 2 cycles of 3.1 and 3, ie 3.9 (2) increase student learning activities, in class 8A cycle 1 student who is active 24 %, cycle 2 students who are active 50%, and the cycle 3 students who are active 80.07%. While the increase in students' learning activities, the 8B class 1 student who is active cycle 19.2%, cycle 2 students who are active 38.4%, and the cycle 3 students who are active 80% (3) evaluation system in view of the matter that is used which is 10 multiple choice questions and 5 essay items with the validity of the cycle 1 0.332, 0.385 cycle 2 and cycle 3 0.361. For reliability in cycle 1 0.269, 0.385 cycle 2, cycle 3 0.492. For distinguishing the cycle 1 0.266, 0.238 cycle 2 and cycle 3 0.189. And for the level of difficulty in cycle 1 0.645, 0.678 cycle 2, and cycle 3 0.736. (4) Increase student achievement, in cycle 1 8A grade students who complete 40%, cycle 2 students who completed 69.2%, and the cycle 3 students who complete 100%. While increasing student achievement, the 8B class 1 student who completed the cycle 34.6%, cycle 2 students who completed 69.27%, and the cycle 3 students who complete 100%

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: tik 14 . Digilib
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:26
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 03:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17310

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir