PERBEDAAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN REFLEKSI DAN KEBIASAAN BELAJAR DI SMP NEGERI 6 TERBANGGI BESAR

0823011068, Rubaithy (2012) PERBEDAAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN REFLEKSI DAN KEBIASAAN BELAJAR DI SMP NEGERI 6 TERBANGGI BESAR. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
0823011068-abstract.pdf

Download (228Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0823011068-abstrak.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0823011068-kesimpulan.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0823011068-pendahuluan.pdf

Download (106Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstract Penerapan pembelajaran hendaknya melibatkan peserta didik secara aktif, salah satu cara adalah dengan menerapkan refleksi pada kegiatan akhir pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi refleksi dan kebiasaan belajar terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik, dan mengetahui perbedaan peningkatan prestasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran IPA dengan refleksi jurnal dan refleksi lisan pada kebiasaan belajar peserta didik baik dan kurang baik. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan non equivalent control group design dengan faktorial 2 x 2. Penelitian diterapkan di SMP Negeri 6 Terbanggi Besar kelas VII tahun pelajaran 2009/20100 dengan penerapan variabel bebas: refleksi pembelajaran dengan dimensi jurnal dan lisan, variabel atribut: kebiasaan belajar dengan dimensi kebiasaan belajar baik dan kurang baik dan variabel terikat: prestasi belajar. Data dikumpulkan dengan instrumen kebiasaan belajar dan instrumen tes, dianalisis dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian (1) tidak terdapat interaksi pembelajaran IPA dengan refleksi jurnal dan refleksi lisan pada kebiasaan belajar baik dan kurang baik terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik; (2) peningkatan prestasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran IPA menggunakan refleksi jurnal lebih tinggi 0,133 dari peningkatan prestasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran IPA menggunakan refleksi lisan; (3) peningkatan prestasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran IPA menggunakan refleksi jurnal lebih tinggi 0,151 dari peningkatan prestasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran IPA menggunakan refleksi lisan pada peserta didik yang memiliki kebiasaan belajar baik; (4) peningkatan prestasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran IPA menggunakan refleksi jurnal lebih tinggi 0,107 daripada peserta didik yang mengikuti pembelajaran IPA menggunakan refleksi lisan pada peserta didik yang memiliki kebiasaan belajar kurang baik namun tidak berbeda secara statistik. Kata kunci: Refleksi, refleksi jurnal, refleksi lisan, kebiasaan belajar

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Pengguna Deposit: tik 15 . Digilib
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:27
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 03:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17358

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir