0823011070, Sainah PERBEDAAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MEDIA CD FILM DENGAN POWERPOINT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR BERBEDA PADA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 NATAR TAHUN PELAJARAN 2009-2010. Digital Library.
|
File PDF
0823011070-abstract.pdf Download (178Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0823011070-abstrak.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0823011070-kesimpulan.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0823011070-pendahuluan.pdf Download (204Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) interaksi peningkatan prestasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran dengan motivasi belajar, (2) perbedaan peningkatan prestasi belajar IPS siswa yang pembelajarannya menggunakan media CD film dengan media powerpoint, (3) perbedaan peningkatan prestasi belajar IPS siswa yang pembelajarannya menggunakan media CD film dengan powerpoint pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, (4) perbedaan peningkatan prestasi belajar IPS siswa yang pembelajarannya menggunakan media CD film dengan powerpoint pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dan menggunakan rancangan eksperimen faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Natar berjumlah 200 siswa terdiri 5 kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling, diperoleh jumlah sampel 80 siswa yang terdiri dari 40 siswa kelas VIIb dan 40 siswa kelas VIIc. Instrumen dalam penelitian berupa (1) kuesioner motivasi belajar, (2) tes prestasi belajar IPS. Teknik analisis data menggunakan Analisis Varians (ANAVA) dua jalur dilanjutkan dengan uji beda mean. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah data penelitian adalah Program SPSS Versi 16.0 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat interaksi prestasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran dengan motivasi belajar, (2) peningkatan prestasi belajar IPS siswa yang pembelajarannya menggunakan media CD film (gain = 0,91) lebih tinggi dari powerpoint (gain = 0,86), (3) pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi peningkatan prestasi belajar IPS siswa yang menggunakan media CD film (gain = 0,96) lebih tinggi dari pada menggunakan media powerpoint (gain = 0,81), (4) pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah peningkatan prestasi belajar IPS siswa yang menggunakan media CD film (gain = 0,86) lebih rendah dari pada menggunakan media powerpoint (gain = 0,91).
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Pengguna Deposit: | tik 15 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Jan 2016 03:27 |
Terakhir diubah: | 14 Jan 2016 03:27 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17366 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |