Esty Wulandini, 0813033027 (2015) PENGARUH STRATEGI BELAJAR PQ4R TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IPS 3 SMA N 1 KALIREJO LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (319Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (196Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (135Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (157Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (266Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (52Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Keberhasilan siswa dalam proses belajar-mengajar dapat dilihat dari nilai yang diperolehnya selama kurun waktu tertentu yang diberikan oleh guru melalui mekanisme penilaian yang telah ditetapkan. Hasil belajar tersebut merupakan salah satu parameter yang dapat dilihat untuk mengetahui seberapa berhasilnya siswa dalam kegiatan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa tentu akan menjadi permasalahan bagi guru. Sehingga perlu adanya usaha-usaha yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar tersebut. Salah satunya dengan menerapkan strategi belajar PQ4R, strategi belajar PQ4R merupakan suatu strategi belajar yang digunakan untuk meningkatkan ingatan siswa dalam membaca dan menghafal pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah ada pengaruh yang signifikan dan seberapa besar taraf signifikansi pengaruh strategi belajar PQ4R terhadap hasil belajar kognitif sejarah siswa kelas X IPS 3 di SMA N 1 Kalirejo Tahun Pelajaran 2014/2015?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dan seberapa besar pengaruh strategi belajar PQ4R terhadap hasil belajar kognitif sejarah siswa kelas X IPS 3 di SMA N 1 Kalirejo Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan tipe Time Series Design. Sampel pada penelitian ini adalah keseluruhan populasi yang ada, yaitu seluruh siswa kelas X IPS 3 yang berjumlah 33 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif deskriptif yaitu dengan membandingkan hasil data pretest dan posttest. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan uji t paired menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan strategi belajar PQ4R terhadap hasil belajar kognitif sejarah siswa kelas X IPS 3 di SMA Negeri 1 Kalirejo Tahun Pelajaran 2014/2015. Besarnya pengaruh yang diberikan strategi belajar PQ4R terhadap hasil belajar kognitif sejarah siswa kelas X IPS 3 di SMA Negeri 1 Kalirejo Tahun Pelajaran 2014/2015 sebesar 0,54 yang jika di masukkan kedalam interpretasi korelasi termasuk kedalam kategori cukup signifikan.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LA History of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 6662199 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Jan 2016 04:24 |
Terakhir diubah: | 14 Jan 2016 04:24 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17550 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |