EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI TERMOKIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN INFERENSI

Kotiman, ANTON HARMOKO (2014) EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI TERMOKIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN INFERENSI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (294Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN MENGESAHKAN.pdf - Published Version

Download (391Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (260Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (145Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (105Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (135Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (44Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (2425Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Learning Cycle 3E pada materi termokimia dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasi-kan dan inferensi. Penelitian menggunakan metode preexperimental dengan Static Group Comparison or Posttest Only With Nonequivalent Control Groups. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA YP Unila Bandar Lampung. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA3 dan XI IPA4. Efektivitas model Learning Cycle 3E diukur berdasarkan perbedaan rerata nilai posttest dan uji-t yang signifikan. Nilai rerata posttest keterampilan mengkomunikasikan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 69,90 dan 64,27; dan nilai rerata posttest ke-terampilan inferensi kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 64,00 dan 59,62. Hasil uji-t menunjukkan bahwa model Learning Cycle 3E efektif dalam me-ningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan inferensi. Kata kunci: keterampilan inferensi, keterampilan mengkomunikasikan, model learning cycle 3E

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 28 May 2014 07:33
Last Modified: 28 May 2014 07:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1764

Actions (login required)

View Item View Item