EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 6E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PREDIKSI DAN PENGUASAAN KONSEP KOLOID

Made Bandem, KADEK YULIYA DEWI ASTUTI (2014) EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 6E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PREDIKSI DAN PENGUASAAN KONSEP KOLOID. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (265Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (231Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (217Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (147Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (143Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (408Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (656Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (87Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (4Mb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Learning Cycle 6E dalam meningkatkan keterampilan prediksi dan penguasaan konsep koloid. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA YP Unila Bandar Lampung, dengan kelas XI IPA2 dan kelas XI IPA4 sebagai sampel. Efektivitas model Learning Cycle 6E diukur berdasarkan perbedaan N-gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen serta dengan uji perbedaan dua rata-rata (uji t). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata N-gain keterampilan prediksi untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu 0,56 dan 0,65; sedangkan rata-rata N-gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu 0,58 dan 0,73. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, didapat kesimpulan bahwa model Learning Cycle 6E efektif dalam meningkatkan keterampilan prediksi dan penguasaan konsep koloid. Kata kunci : model Learning Cycle 6E, keterampilan prediksi, dan penguasaan konsep

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 28 May 2014 07:45
Last Modified: 28 May 2014 07:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1782

Actions (login required)

View Item View Item