UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN METODE PEMBELAJARAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 BANYUMAS PRENGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/2012

1113118004, Joko Purnomo (2012) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN METODE PEMBELAJARAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 BANYUMAS PRENGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (155Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (152Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (90Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran gerak dasar lompat jauh pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Banyumas Prengsewu Tahun Pelajaran 2011/201 2, dengan penggunaan modifikasi alat bantu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan menggunakan 2 siklus. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 27 siswa, dengan jumlah 14 laki-laki dan 13 perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan menggunakan instrumen penilaian tes gerak dasar lompat jauh. Hasil penelitian menunjukkan: Siklus 1 dengan penggunaan modifikasi alat bantu keset, kardus dan matrass diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar 66,67%, Siklus 2 dengan penggunaan berupa papan tolakan (box) yang berukuran lebih lebar, matrass dan bola yang diletakan di tempat pendaratan diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar mengalami peningkatan menjadi 88,89 % hal ini berarti proses pembelajaran telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Pembelajaran gerak dasar lompat jauh dengan menggunakan pendekatan bermain dapat memperbaiki dan meningkatkan gerak dasar lompat jauh pada siswa-siswi kelas IV SD Negeri 2 Banyumas Prengsewu Tahun Pelajaran 2011/2012

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Daerah
Depositing User: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 15 Jan 2016 03:51
Last Modified: 15 Jan 2016 03:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17829

Actions (login required)

View Item View Item