EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KOLOID DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR LANCAR

Mursalin Haiyun (Alm), MUHAMMAD ANDALAN (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KOLOID DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR LANCAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (970Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1121Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (511Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (252Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (136Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (89Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (6Mb)

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi koloid dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar yang merupakan salah satu indikator keterampilan berpikir kreatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012-2013 yang berjumlah 200 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA2 dan XI IPA3 semester Genap Tahun Pelajaran 2012-2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan berpikir lancar pada kelas kontrol sebesar 0,46 dan pada kelas eksperimen sebesar 0,63. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar. Kata kunci : inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir lancar

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 28 May 2014 07:45
Last Modified: 28 May 2014 07:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1785

Actions (login required)

View Item View Item