EFEKTIVITAS MODEL BELAJAR PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN PADA MATERI TERMOKIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PREDIKSI DAN PENGUASAAN KONSEP

Yubhar, Oktaria Gustina (2014) EFEKTIVITAS MODEL BELAJAR PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN PADA MATERI TERMOKIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PREDIKSI DAN PENGUASAAN KONSEP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN MENYATUJUI.pdf - Published Version

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN MENGESAHKAN.pdf - Published Version

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (179Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (245Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (204Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf - Published Version

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (49Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (4Mb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model siklus belajar Predict-observe-explain (POE) pada materi termokimia dalam meningkatkan keterampilan prediksi dan penguasaan konsep. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI IPA 1 SMA Gajah Mada Bandar Lampung semester ganjil tahun Pelajaran 2012-2013. Penelitian ini menggunakan metode Pre-experimental dengan one-group pretest-posttest design. Efektivitas model siklus belajar POE diukur berdasarkan gain ternormalisasinya. Hasil penelitian menun-jukkan bahwa rata-rata nilai n-gain keterampilan memprediksi sebesar 0,6 dan penguasaan konsep sebesar 0,7. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran POE pada materi termokimia efektif dalam meningkatkan keterampilan memprediksi dan penguasaan konsep dengan kriteria sedang. Kata kunci: pembelajaran POE , keterampilan siswa dalam memprediksi dan penguasaan konsep.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 28 May 2014 07:51
Last Modified: 28 May 2014 07:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1791

Actions (login required)

View Item View Item