EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 6E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP KOLOID

Ferly A. Roni, RIKA JUSNELY (2014) EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 6E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP KOLOID. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (152Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (217Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (507Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (3183Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Learning Cycle 6E dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep koloid. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA YP Unila Bandar Lampung, dengan kelas XI IPA2 dan kelas XI IPA4 sebagai sampel. Efektivitas model Learning Cycle 6E diukur berdasarkan perbedaan N-gain yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata N-gain penguasaan konsep untuk kelas eksperimen yaitu 0,73 dan kelas kontrol yaitu 0,58; serta rata-rata N-gain keterampilan inferensi untuk kelas eksperimen yaitu 0,75 dan kelas kontrol yaitu 0,56. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat kesimpulan bahwa model Learning Cycle 6E efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan inferensi. Kata kunci: Learning Cycle 6E, keterampilan inferensi, dan penguasaan konsep

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 28 May 2014 07:51
Last Modified: 28 May 2014 07:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1793

Actions (login required)

View Item View Item