PENGARUH PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR DI RUMAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP TUNAS HARAPAN BANDAR LAMPUNG

0613031012, YULIA HADIYANTI (2016) PENGARUH PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR DI RUMAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP TUNAS HARAPAN BANDAR LAMPUNG. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0613031012-ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613031012-KESIMPULAN.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613031012-PENDAHULUAN.pdf

Download (493Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Banyak faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa diantaranya adalah waktu belajar dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh pemanfaatan waktu belajar di rumah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Tunas Harapan Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Tunas Harapan Bandar Lampung berjumlah 53 orang. Pengujian hipotesis antara variabel bebas dan terikat secara parsial digunakan statistik t melalui model regresi linier sederhana, sedangkan pengujian secara simultan menggunakan statistik F melalui model regresi linier ganda. Berdasarkan uji statistik menggunakan uji regresi dapat diketahui bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan waktu belajar di rumah terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Tunas Harapan Bandar Lampung, dengan t hitung 1,671 maka hipotesis diterima. Sedangkan hipotesis kedua dapat diketahui bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIIISMP Tunas Harapan Bandar Lampung, dengan t hipotesis diterima. hitung = 5,024 > t = 3,486 > t tabel Berdasarkan uji statistik dengan menggunakan regresi linier ganda dapat diketahui bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara pemanfaatan waktu belajar di rumah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Tunas Harapan Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010, dengan F hitung 16,593 > F tabel tabel =1,671 maka = 3,18 maka hipotesis diterima. Dengan demikian pemanfaatan waktu belajar yang baik dan motivasi belajar yang tinggi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:27
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18664

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir