0613032033, NOPI ANGGRAINI (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA NILAI HASIL UJIAN SEMESTER SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS XII IPS SEMESTER GANJIL DI SMA MUHAMMADIYAH 2 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digilib Library.
|
File PDF
0613032033-ABSTRAK.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0613032033-KESIMPULAN.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0613032033-PENDAHULUAN.pdf Download (35Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pendidikan merupakan salah satu faktor yang penting di samping faktor keluarga dan siswa itu sendiri. Proses belajar mengajar siswa tidak selalu lancar seperti yang diharapkan terkadang mereka mengalami kesulitan dalam belajar sehingga hal itu menyebabkan rendahnya nilai hasil ujian mereka. Faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar seseorang bias berupa faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal adalah motivasi belajar siswa, sedangkan faktor eksternalnya adalah lingkungan sekolah dan perhatian orang tua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Labuhan Ratu Bandar Lampung yang berjumlah 57 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik angket sebagai teknik pokok, sedangkan teknik penunjangnya adalah kepustakaan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pengujian keeratan hubungan menggunakan rumus analisis Korelasi Sederhana dan Korelasi Ganda selanjutnya data akan diuji dengan menggunakan rumus uji koefisien regresi sederhana (uji T) dan uji koefisien regresi secara bersama-sama, hal ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel X 1 , X 2 dan X 3 terhadap rendahnya nilai hasil ujian semester siswa pada mata pelajaran PKn. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang kuat, positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan nilai hasil ujian semester siswa pada mata pelajaran PKn dimana r adalah 0,61 dan t hitung yaitu 5,54 > 2,005 dengan demikian ada pengaruh pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan nilai hasil ujian semester siswa pada mata pelajaran PKn. Terdapat hubungan yang sangat kuat, positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dengan nilai hasil ujian semester siswa pada mata pelajaran PKn dimana r adalah 0,99 dan t hitung > t tabel yaitu 4,94 > 2,005 dengan demikian ada pengaruh > t tabel pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dengan nilai hasil ujian semester siswa pada mata pelajaran PKn . Terdapat hubungan yang sangat sedang, positif dan signifikan antara perhatian orang tua atas pendidikan anak terhadap nilai hasil ujian semester siswa pada mata pelajaran PKn dimana r adalah 0,58 dan t hitung > t tabel yaitu 5,77 > 2,005 dengan demikian ada pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua atas pendidikan anak terhadap nilai hasil ujian semester siswa pada mata pelajaran PKn. Melalui hasil uji hipotesis keempat R adalah 0,12. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang sangat rendah antara motivasi belajar siswa,lingkungan sekolah dan perhatian orang tua dengan nilai hasil ujian semester siswa pada mata pelajaran PKn . Dari hasil perhitungan menunjukkan F hitung diperoleh 3,168 Dengan demikian terlihat bahwa F hitung Nopi Angraini sebesar 18 dan F tabel > F tabel hal ini menunjukkan bahwa rendahnya nilai hasil ujian semester siswa pada mata pelajaran PKn dipengaruhi oleh lemahnya motivasi belajar siswa,kurang kondusif
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi PPKN |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 04:27 |
Terakhir diubah: | 22 Jan 2016 04:27 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18667 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |