UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PERMAINAN PADA GEOMETRI SISWA KELAS VA SDN 2 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0613050039, MELINDA GUSTRIANA (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PERMAINAN PADA GEOMETRI SISWA KELAS VA SDN 2 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0613050039-abstrak.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613050039-kesimpulan.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613050039-pendahuluan.pdf

Download (36Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Matematika merupakan pelajaran pokok di Sekolah Dasar, yang berhubungan dengan lingkungan sekitar siswa baik di rumah, sekolah, maupun masyarakat. Berdasarkan data observasi awal yang diperoleh yaitu minat siswa terhadap pelajaran matematika dan tingkat pencapaian hasil belajar siswa masih rendah, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika. Berdasarkan kenyataan di atas masalah dalam penelitian ini apakah metode permainan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VA SDN 2 Metro Timur, dan bertujuan untuk meningkatkan minat belajar yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika. Penelitian Tindakan Kelas ini mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu tahap perencanaan (plan), pelaksanaan (act), pengamatan (observe), dan perenungan (reflect). Penelitian ini melibatkan 38 siswa kelas VA di SDN 2 Metro Timur pada semester 2 Tahun Pelajaran 2009/2010. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian lembar angket yang diisi oleh masing-masing siswa dan tes hasil belajar di setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan minat dan hasil belajar siswa. Persentase rata-rata minat siswa pada siklus pertama 68,3% , siklus kedua 76,4% , dan siklus ketiga 89,7%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus pertama 5,81 , siklus kedua 7,94 , dan siklus ketiga 9,43. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan Metode Permainan dapat meningkatkan minat belajar yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa kelas VA SDN 2 Metro Timur Tahun Pelajaran 2009/2010.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:29
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18690

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir