PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) KELAS V SDN 02 MARGASARI LABUHAN MARINGGAI LAMPUNG TIMUR

0613053001, ADI SAPUTRA (2016) PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) KELAS V SDN 02 MARGASARI LABUHAN MARINGGAI LAMPUNG TIMUR. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0613053001-abstrak.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613053001-kesimpulan.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613053001-pendahuluan.pdf

Download (79Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini berawal dari hasil observasi bahwa proses pembelajaran Matematika kelas V SDN 02 Margasari Labuhan Maringgai Lampung Timur, dilaksanakan berpusat pada guru. Berdasarkan studi dokumentasi hasil belajar siswa, hasil ujian semester ganjil kelas V SDN 02 Margasari Labuhan Maringgai Lampung Timur diperoleh nilai rata-rata 58,67, nilai terendah 47,50 dan nilai tertinggi 87,50 dengan keterangan sebanyak 23 siswa yang belum tuntas belajar dan yang telah tuntas 15 siswa (kurang dari 50%), dengan kriteria ketercapaian minimum, yaitu 60,00. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pembelajaran Matematika melalui strategi cooperative learning tipe STAD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Prosedur penelitian yang telah ditempuh berbentuk pengkajian berdaur atau siklus, setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi cooperative learning tipe STAD kelas V SDN 02 Margasari Labuhan Maringgai Lampung Timur dapat meningkatkan hasil pembelajaran Matematika, meliputi peningkatan persentase rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 64,39%, siklus II sebesar 71,18%, dengan peningkatan sebesar 6,79%. Peningkatan juga terjadi pada kinerja guru dalam pembelajaran Matematik, pada siklus I, persentase kinerja guru sebesar 76,66%, dan pada siklus II sebesar 85,93%, dengan peningkatan sebesar 9,27%. Seiring peningkatan aktivitas belajar siswa dan kinerja guru, persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat, persentase siswa tuntas pada siklus I sebesar 65,78% atau sebanyak 25 orang siswa dan sebesar 71,06% atau sebanyak 27 orang siswa, hal tersebut menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 5,82%.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:30
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18719

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir