PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PEMBERIAN TUGAS DAN KEMAMPUAN AWAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

0643021006, ARMANSYAH (2016) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PEMBERIAN TUGAS DAN KEMAMPUAN AWAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0643021006-ABSTRAK.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0643021006-KESIMPULAN.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0643021006-PENDAHULUAN.pdf

Download (44Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pendekatan Matematika Realistik (PMR) merupakan suatu pendekatan yang menempatkan realitas dan pengalaman siswa sebagai titik awal pembelajaran dimana siswa diberi kesempatan untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuan matematika formalnya melalui masalah-masalah realitas yang ada. Dengan pendekatan ini, siswa terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga mudah dalam menguasai konsep. Pemberian tugas akan lebih memantapkan penguasaan siswa terhadap konsep yang telah disampaikan dan melatih kemampuan yang mereka miliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan PMR tugas dan PMR tanpa tugas; (2) perbedaan hasil belajar matematika antara siswa PMR kemampuan awal tinggi dan PMR kemampuan awal rendah; dan (3) ada tidaknya interaksi antara penggu- naan PMR dengan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan disain faktorial 2 x 2. Populasinya meliputi seluruh siswa kelas V semester ganjil SD Al Kautsar Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011 yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan cara kluster random sampling. Sampel terbagi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik Analisis data meliputi uji prasyarat yaitu uji norma- litas dengan metode Chi kuadrat dan uji homogenitas dengan metode Bartlett serta uji hipotesis dengan analisis variansi dua jalur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1)

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:32
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18742

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir