UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS

0643021020, Eka Aprian Winda Harlian (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0643021020-abstrak.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0643021020-kesimpulan.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0643021020-pendahuluan.pdf

Download (71Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil belajar matematika siswa kelas VIII-G SMPN 1 Penengahan Lampung Sela- tan semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 tergolong rendah. Hal itu dise- babkan dalam pembelajaran, guru masih menggunakan model pembelajaran langsung sehingga pembelajaran didominasi oleh guru. Selain itu, aktivitas belajar siswa kelas VIII-G selama pembelajaran berlangsung tergolong rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya upaya yang dilakukan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif belajar. Sehingga berdampak pada meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII-G SMPN 1 Penengahan Lampung Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk me- ningkatkan kualitas pembelajaran yang ditandai oleh peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-G SMPN 1 Penengahan Lampung Selatan semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 dengan menerapkan pembela- jaran model kooperatif tipe TPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-G SMPN 1 Penengahan Lampung Selatan semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011. Rata-rata persentase siswa aktif meningkat dari siklus ke siklus. Persentase siswa yang tuntas belajar juga meningkat dari siklus ke siklus. Indi- kator keberhasilan yang ditetapkan juga telah tercapai.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:32
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18746

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir