0643023018, HENI HERMAN (2016) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DAN PENGUASAAN KONSEP ASAM BASA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER. Digilib Library.
|
File PDF
0643023018-ABSTRAK.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0643023018-KESIMPULAN.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0643023018-PENDAHULUAN.pdf Download (53Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil wawancaran dengan guru kimia kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung nilai penguasaan konsep pada materi asam basa pada Tahun Pelajaran 2009-2010 yaitu 59,65. Siswa yang mendapatkan nilai ≥ 65 hanya 42,5%, sehingga ketuntasan belajar yang ditetapkan sekolah belum tercapai. Hasil observasi pada kelas XI IPA 2 Tahun Pelajaran 2010-2011 pada materi sebelumnya yaitu kesetimbangan kimia, siswa tidak melakukan praktikum, sehingga siswa belum dilatihkan keterampilan proses sains selama proses pem- belajaran. Komunikasi yang terjadi di kelas hanya antara guru dan siswa saja, sehingga pembelajaran didominasi oleh guru. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan: keterampilan meng- komunikasikan, keterampilan menarik kesimpulan, penguasaan konsep asam basa, persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi pokok asam Heni Herman basa melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT dari siklus ke siklus. Jenis pe- nelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Data penelitian ini berupa data penguasaan konsep, KPS siswa dan data kinerja guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT terjadi peningkatan (1) keterampilan mengkomunikasikan pada kriteria kelompok ke- mampuan tinggi dari siklus I ke II sebesar 15%, dan dari siklus II ke III sebesar 25%. (2) keterampilan menarik kesimpulan pada kriteria kelompok kemampuan tinggi dari siklus I ke II sebesar 17,5%, dan dari siklus II ke III sebesar 7,5%. (3) penguasaan konsep siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 10,09 %, dan pada siklus II ke siklus III sebesar 8,68%. (4) persentase siswa yang mencapai KKM dari siklus I ke siklus II sebesar 12,5 %, dan pada siklus II ke siklus III sebesar 10%.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 04:23 |
Terakhir diubah: | 22 Jan 2016 04:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18798 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |