EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3 E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN PENGUASAAN KONSEP REAKSI OKSIDASI REDUKSI

0643023034, ULIF NURUL FITRI (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3 E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN PENGUASAAN KONSEP REAKSI OKSIDASI REDUKSI. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0643023034--abstrak.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0643023034-kesimpulan.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0643023034-pendahuluan.pdf

Download (32Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Untuk mendapatkan tingkat penguasaan konsep yang tinggi dibutuhkan model pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai dan strategi pembelajaran kontekstual yang mampu menghantarkan siswa pada pembelajaran yang bermakna. Ketepatan pendidik dalam memilih dan menerapkan pem- belajaran sangat mempengaruhi tingkat penguasaan konsep siswa. Karena itulah penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) efektivitas pembelajaran Learning Cycle 3 E untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa, (2) efektivitas pembelajaran Learning Cycle 3 E untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi reaksi oksidasi reduksi. Model pembelajaran Learning Cycle 3 E adalah salah satu model pembelajaran berbasis konstruktivisme yang terdiri dari 3 fase yaitu (1) Fase eksplorasi (exploration); (2) Fase penjelasan konsep (explaination); (3) Fase penerapan konsep (elaboration). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Budaya Bandar Lampung kelas X I dan X 2 semester Genap Tahun Pelajaran 2010-2011 yang memiliki kareakteristik hampir sama. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperiemn dengan Pre- test-Posttest Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 3 E diukur berdasarkan selisih skor pretes dan postes (gain ternormalisasi). Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, diketahui bahwa kelas dengan pem- belajaran Learning Cycle 3 E memiliki keterampilan berkomunikasi dan tingkat penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pem-belajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Learning Cycle 3 E lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan penguasaan konsep reaksi oksidasi reduksi. pada siswa kelas X SMA Budaya Bandar Lampung. Kata kunci: pembelajaran Learning Cycle 3 E, keterampilan berkomunikasi dan penguasaan konsep.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:24
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18803

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir