PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMA NEGERI I WAY TENONG KELAS X TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Alex Shander, FITRI SAWALENA (2014) PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMA NEGERI I WAY TENONG KELAS X TAHUN PELAJARAN 2011/2012. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (829Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (119Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (253Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran-lampiran.pdf - Published Version

Download (2072Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini membahas persoalan persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran seni tari kelas X SMA Negeri 1 Way tenong, Lampung Barat, tahun pelajaran 2012. Namun, penelitian inipun berupaya mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran dimaksud. Penelitian ini mengunakan penelitian deskriptif kualitatif. Data persepsi didapat melalui “wawancara kepada tujuh orang siswa”; sedangkan data proses pembelajaran diperoleh melalui proses pembelajaran oleh guru dan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut. Guru seni tari di SMA N 1 Way tenong telah menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). RPP yang dibuat sudah memenuhi komponen yang seharusnya ada, namun, pada saat pembelajaran di kelas terkadang guru melupakan aspek motifasi dan pengaitan tujuan dengan pengetahuan yang relevan. Demikian juga dengan aspek evaluasi yang tidak dilakukan secara formal maupun nonformal, khusuanya pada aspek pemantauan. Menurut siswa yang menjadi narasumber penelitian ini, guru seni tari dimaksud memiliki kompetensi tari diajarkan, prosedur pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan guru di dalam kelas dianggap kurang menarik. Guru juga dianggap tidak atau kurang memantau kemajuan belajar siswa, penugasan dan evaluasi hasil belajar juga tidak dilaksanakan oleh guru. Guru hanya mengarahkan kepada siswa untuk berlatih dirumah. Tetapi, hasil-hasil latihan tersebut tidak pernah ditagih atau ditanyakan oleh guru. Kata Kunci: Persepsi, Pembelajaran Seni Tari

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 06 Jun 2014 04:01
Last Modified: 06 Jun 2014 04:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1885

Actions (login required)

View Item View Item