Nn, Sriwilani (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI LISAN BAHASA INGGRIS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KALI BALAU KENCANA BANDAR LAMPUNG. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRACT Sriwilani.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
abstrak Sriwilani.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
kesimpulan Sriwilani.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pendahuluan Sriwilani.pdf Download (57Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah (1) menyusun dan memperbaiki perencanaan pembelajaran keterampilan berbicara bahasa lnggris dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD (2) mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan berbicara bahasa lnggris dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan (3) mendeskripsikan pening katan kemampuan keterampilan berbicara bahasa lnggris siswa kelas V B dan V C SD N. 1 Kalibalau Kencana Bandar Lampung dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan cara penyampaian metode conversation pada materi ‘parts of body’ pada siklus pertama. Dari hasil refleksi pembelajaran belum berjalan dengan baik karena guru belum memberi kesempatan siswa berfikir untuk menjawab pertanyaan dan kesempatan yang maksimal untuk bertanya jawab antar siswa. Guru dalam membimbing memberikan contoh nyata untuk mendeskripsikan seseorang, maka metode discussion diterapkan pada siklus kedua. Proses pembelajaran kooperatif yang diterapkan berjalan dengan baik, namun siswa memerlukan jeda waktu yang agak panjang dan siswa mulai dapat berbicara meski masih terrputus-putus. Pada siklus ketiga, untuk melatih siswa dalam melafalkan ungkapan-ungkapan dengan berperan sebagai ayah, ibu dan anak,dalam family maka metode role play yang dipilih.Guru memberikan kesempatan yang maksimal untuk bertanya jawab antar siswa, sehingga siswa mulai dapat berbicara sesuai dengan perannya. Teknik tes yang dipakai adalah tes lisan dan tertulis, Alat pengumpul datanya berupa butir soal berbentuk portofolio. Aspek ketrampilan berbicara yang dijadikan kriteria penilaian adalah 1)pronunciation (pengucapan), 2)grammar (tatabahasa), 3) vocabulary (kosakata), 4) fluency (kelancaran) dan 5) comprehension (pemahaman) Kesimpulan penelitian adalah, (1) kemampuan guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran ketrampilan berbicara bahasa lnggris dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD sudah menunjukkan adanya peningkatan, (2) Proses pembelajaran ketrampilan berbicara bahasa lnggris dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan komunikasi lisan siswa, peningkatan dari siklus1 ke siklus 2 dan indikator penelitian tercapai pada siklus 3. (3) Evaluasi pembelajaran dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam keterampilan berbicara bahasa lnggris dengan persentase ketuntasan belajar pada siklus 1 adalah sebesar 51 %, pada siklus 2 sebesar 69 % dan pada siklus ke 3 sebesar 77 %. Dari data tersebut nampak bahwa ketrampilan berbicara siswa dalam berkomunikasi lisan mengalami peningkatan dari siklus1 ke siklus 2 dan indikator penelitian tercapai pada siklus 3, demikian juga aktiv itas siswa. Kemampuan keterampilan berbicara dan aktivitas siswa pada kedua kelas meng alami peningkatan dari siklus satu ke siklus dua, dan indikator tercapai pada siklus tiga. Abstract The research purpose is to arrange and fit planning using cooperative learning type STAD on the implementation on English communication of the fifth grade of SDN 1 Kalibalau Kencana Bandar Lampung, describing action process and learning evaluation of speaking skill. English learning implementation in this research use cooperative learning type STAD. Based on it is expected that the student speaking skill can be increase, so this research is acted in SDN 1 Kalibalau Kencana at two classes V B and V C. The mark of student speaking competence and the student’s activity on second cycles increase from the first and reaching indicator on third cycles. So it can be concluded that cooperative learning type STAD can be increase student speaking skill in English learning at SD N.1 Kalibalau Kencana Bandar Lampung. The research was carried out through three cycles. A form of cooperatif learning type STAD used conversation method on the first cycles. The reflection result there was no chance for thinking and for asking of students.In order to give the real thing, so the discussion method was conducted on the second cycles. The reflection result was students could be able to spoke eventhough unfluency. The third cycles, there was role play method, lt was used for teaching strategy, in order to improve and encourage students capability on English communication. It was be implemented for students performing on the family subject. Then data collected was oral and written test. The instrument that was used in this research was fortofolio form. Meanwhile technique of data analyze used tabulation. Five components for analysing of speech process that are pronunciation, grammar, vocabulary, fluency and comprehension. Research result concludes: First. Student Teams Achievement Division (STAD) is kind of cooperative learning for improving student competence on English communication. Second. The implementation of cooperative learning type STAD for improving students’ competence on English communication in the classroom are: class presentations, teams, quizzes and team recognition. The achievement of students competence on the first cycluss is 51 % while the ach ievement of students competence on the second cycluss is 69 % and the third cycluss is 77 % for their English communication Third. The results of the research suggest that the implementing of cooperative learning type STAD can be conducted by using conversation, discussion and roleplay method in order to improve students’ communication in English competence on the fifth grade of elementary school of Kalibalau Kencana Bandar Lampung.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | tik9 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 07:37 |
Terakhir diubah: | 22 Jan 2016 07:37 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19032 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |