PENERAPAN ANEKA SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 HULU SUNGKAI LAMPUNG UTARA

2012, Evi Apriyanti (2012) PENERAPAN ANEKA SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 HULU SUNGKAI LAMPUNG UTARA. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT Evi Apriyanti.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
abstrak Evi Apriyanti.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
kesimpulan Evi Apriyanti.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pendahuluan Evi Apriyanti.pdf

Download (309Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstract Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan menulis siswa sangat rendah, hal ini disebabkan pemahaman terhadap komponen-komponen keterampilan menulis masih sangat kurang, belum memanfaatkan aneka sumber belajar yang sesuai tujuan pembelajaran, dan belum menggunakan perencanaan, proses pembelajaran dan evaluasi yang baik dalam keterampilan menulis. Tujuan penelitian adalah, (1) menyusun dan memperbaiki perencanaan pembelajaran keterampilan menulis dengan menerapkan aneka sumber belajar, (2) mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis dengan menerapkan aneka sumber belajar, (3) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran keterampilan menulis dengan menerapkan aneka sumber belajar, dan (4) mendeskripsikan peningkatan nilai keterampilan menulis siswa kelas IX B dan IX C dengan menggunakan aneka sumber belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Hulu Sungkai Lampung Utara, dengan subjek siswa kelas IX B dan IX C. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbahasanya adalah keterampilan menulis. Siklus satu kompetensi dasarnya adalah menulis naskah drama, siklus dua kompetensi dasarnya adalah menulis surat pembaca, dan siklus tiga kompetensi dasarnya adalah menulis teks pidato. Aneka sumber belajar yang diterapkan adalah pobatel (pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan latar). Kesimpulan penelitian adalah, (1) kemampuan guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan penerapan aneka sumber belajar sudah menunjukkan adanya peningkatan, (2) Proses pembelajaran dengan menggunakan penerapan aneka sumber belajar dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Aktivitas guru di kelas IX B siklus satu mendapat skor 79, siklus dua skor 79, & siklus tiga skor 81 dan aktivitas siswa kelas IX B siklus satu mendapat skor 76, siklus dua skor 78, & siklus tiga skor 80. Aktivitas guru di kelas IX C siklus satu mendapat skor 78, siklus dua skor 79, & siklus tiga skor 82 dan aktivitas siswa kelas IX C siklus satu mendapat skor 78, siklus dua skor 80, & siklus tiga skor 82. (3) Evaluasi pembelajaran dengan penerapan aneka sumber belajar dalam keterampilan menulis pada siklus satu, guru kesulitan dalam memberikan penilaian dengan dua tahap, namun pada siklus dua guru sudah memahami sistem penilaiannya, dan pada siklus tiga guru semakin terampil dalam mengevaluasi hasil menulis siswa, (4) nilai rata-rata keterampilan menulis siswa kelas IX B siklus satu skor 63, siklus dua skor 64, dan siklus tiga skor 67,5. Ketuntasan belajar siswa kelas IX B siklus satu 59%, siklus dua 67%, dan siklus tiga 78%. Nilai rata-rata keterampilan menulis siswa kelas IX C siklus satu skor 63,5, siklus dua skor 64,5, dan siklus tiga skor 68. Ketuntasan belajar siswa kelas IX C siklus satu 60%, siklus dua 71%, dan siklus tiga 80%. Nilai keterampilan menulis siswa pada kedua kelas mengalami peningkatan dari siklus satu ke siklus dua, dan indikator tercapai pada siklus tiga. penerapan aneka sumber belajar dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa di SMPN 1 Hulu Sungkai Lampung Utara. Abstract Background of this research is the less of writing skill, it is coursed that the knowledge of writing skill components are very lows it didn’t use the various of learning resources which is suitable with the learning purpose and it didn’t use planning, learning process and good evaluation in writing skill. The research purpose is : (1) to arrange and fix the planning of writing learning process by using resources based learning, (2) to describe of writing learning process by using resources based learning, (3) to describe the evaluation of writing learning process by using resources based learning, (4) to describe the improvement of writing result at IX B and IX C students by using resources based learning. This experimental method which is used is action classroom research. The observation is done at SMPN 1 Hulu Sungkai Lampung Utara by student grade 1X B and 1X C as a centre. This observation is done in there terms every terms consist of planning action, observation, and reflection. Learning process of speaking skill is writing skills. One basic competence, term is writing play, script, terms of two basic competences are writing listen, and term of three basic competence are writing speech text. Various learning source which is applied is pobatel (Message, People, Material, technical, tool, and background). The conclusion of the research is, (1) teacher’s ability in planning learning activity by using application of various learning resources; (2) learning process by using application of various learning source can increase teachers and student’s activity. Teacher’s activity at grade 1XB the first term get 79, second term get 79, and the third term get 81 and student’s activity grade 1XB the first get 76, second term get 78 and the third term get 80. Teacher’s activity at grade 1XC the first term get 78, second term get 79, and the third term get 82 and student’s activity grade 1XC the first get 78, second term get 80 and the third term get 82; (3) Learning evaluation by applying various learning source in writing skills at the first term, teacher find difficulty in giving assessment at the second grade, but at the second term teacher understand the assessment system and the cycles three more teachers skilled in evaluating the results of students writing; (4) The average value of writing skills students class 1x B scored 63 cycles, 64 cycles of two scores, and the cycles of three scores 67,5. Exhaustiveness students grade 1x B single cycles of 59%.67%, and three cycles of 78%. The average value of writing skills students 1x C grade students scored 63.5 C cycle one. Cycles two score of 64,5 , and the cycles of three score 68 exhaustiveness students grade one cycles 60 1x C %, 71% cycles two and three cycles of 80%. The value of writing skills in both classes increased from one cycles to cycles two, and the indicator is was achieved in cycles three application on various sources of learning can improve students writing skills in SMPN 1 Hulu Sungkai Lampung Utara.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Pengguna Deposit: tik 15 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:39
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 07:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19050

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir