UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DAN KONSEP MOL

0713023039, RENY ANGGRAENY (2016) UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DAN KONSEP MOL. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0713023039-abstrak.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713023039-kesimpulan.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713023039-pendahuluan.pdf

Download (57Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMAN 1 Purbolinggo, proses pem- belajaran pada materi Hukum-Hukum Dasar Kimia dan Konsep Mol TP 2009- 2010, siswa hanya mendengarkan penjelasan guru, menjawab pertanyaan, meng- hafal materi dan latihan soal. Hal itu menyebabkan siswa kurang aktif dilibatkan dalam proses penemuan konsep dan siswa kurang terlatih dalam menggunakan keterampilan generik sainsnya. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melatihkan keterampilan generik sains (KGS) menggunakan model pembelajaran teknik NHT. Penggunaan model ini diduga dapat meningkatkan penguasaan konsep Hukum-Hukum Dasar Kimia dan Konsep Mol serta dapat meningkatkan KGS siswa. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan persentase: (1) rata-rata penguasaan konsep; (2) rata-rata KGS ; dan (3) ketuntasan belajar dari siklus ke siklus. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, subjek penelitian ini adalah siswa kelas X 5 SMA N 1 Purbolinggo TP 2010-2011 yang berjumlah 32 orang. Data penelitian yaitu data penguasaan konsep dan data KGS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase: (1) rata-rata penguasaan konsep sebesar 9,27% dari siklus I ke siklus II dan 9,86% dari siklus II ke siklus III; (2) rata-rata KGS, pada kriteria sangat terampil indikator inferensi logika sebesar 31,25% dari sikus II ke siklus III, sedangkan indikator membangun konsep sebesar 21,87% dari siklus I ke siklus II dan 28,13% dari siklus II ke siklus III; (3) ketuntasan belajar sebesar 9,37% dari siklus I ke siklus II dan 15,63% dari siklus II ke siklus III.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 25 Jan 2016 07:01
Terakhir diubah: 25 Jan 2016 07:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19646

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir