EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI POKOK ASAM-BASA

0713023047, TERESA ENINTA B. (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI POKOK ASAM-BASA. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0713023047-abstrak.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713023047-kesimpulan.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713023047-pendahuluan.pdf

Download (43Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Ketepatan pendidik dalam memilih dan menerapkan suatu model pembelajaran sa- ngat mempengaruhi tingkat penguasaan konsep siswa. Untuk mendapatkan ting- kat penguasaan konsep yang tinggi dibutuhkan model pembelajaran dalam strategi pembelajaran kontekstual yang mampu menghantarkan siswa pada pembelajaran yang bermakna. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pembelajar- an berbasis masalah dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan pe- nguasaan konsep siswa pada materi pokok asam-basa. Pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang menghantar- kan siswa untuk memahami suatu masalah yang terjadi dan berupaya menyelesai- kannya dengan melakukan penyelidikan mandiri dalam interaksi bersama teman- nya. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Natar kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 semester Genap Tahun Pelajaran 2010-2011 yang memiliki kemampuan kognitif relatif sama. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran berbasis masalah diukur berdasarkan selisih skor pretes dan postes (gain ternor- malisasi). Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, diketahui bahwa kelas dengan pembela- jaran berbasis masalah memiliki keterampilan berkomunikasi dan tingkat pengua- saan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konven- sional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan penguasaan konsep siswa.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 25 Jan 2016 07:01
Terakhir diubah: 25 Jan 2016 07:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19647

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir