PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA KELAS XI IPA2 SMAN 12 BANDAR LAMPUNG TP 2010/2011

0713023049, VIDA ELSYANA (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA KELAS XI IPA2 SMAN 12 BANDAR LAMPUNG TP 2010/2011. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0713023049-abstrak.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713023049-kesimpulan.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713023049-pendahuluan.pdf

Download (40Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan observasi di kelas XI IPA2 SMAN 12 Bandar Lampung, tampak bahwa selama proses pembelajaran kimia berlangsung, siswa pasif dan aktivitas on task masih rendah. Nilai rata-rata tes formatif pada materi pokok kesetimbang- an kimia TP 2009-2010 adalah 57. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang dite hanya 38% siswa yang mencapainya. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan keterampilan generik sains dalam kegiatan pem- belajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pendekatan KGS dalam meningkatkan: (1) aktivitas on task, (2) penguasaan konsep kesetimbangan kimia, (3) ketuntasan belajar, (4) KGS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data penelitian berupa data kuantitatif yang terdiri dari data KGS, penguasaan konsep dan ketuntasan belajar yang diperoleh melalui tes formatif dan data kualitatif yang terdiri dari data kinerja guru dalam pembelajaran dan aktivitas on task siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan pendekatan KGS terja- di peningkatan dari siklus I ke siklus II yang meliputi : (1) Aktivitas on task sis- wa, yaitu bertanya pada guru, mengisi LKS, memberikan pendapat, dan menjawab pertanyaan, (2) penguasaan konsep, (3) ketuntasan belajar, (4) Jumlah siswa yang termasuk kriteria sangat terampil dan terampil dalam indikator KGS yang diteliti. Dengan demikian, semua indikator kinerja penelitian ini tercapai.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 25 Jan 2016 07:01
Terakhir diubah: 25 Jan 2016 07:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19648

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir