STUDI TENTANG KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN PADA SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN PKn DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

0713032025, DIAN NOVALIA (2016) STUDI TENTANG KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN PADA SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN PKn DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0713032025-abstrak.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713032025-kesimpulan.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713032025-pendahuluan.pdf

Download (44Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Keberhasilan proses pembangunan nasional sangat ditunjang oleh suatu sistem pendidikan yang berkualitas. Peningkatan kualitas pendidikan dimulai dari usaha guru dalam meningkatkan sumber daya manusia melalui sekolah salah satunya dengan meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa dapat melalui tes pada setiap akhir semester. Setelah melakukan tes guru melakukan penilaian untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam belajar. Kemampuan guru dalam melakukan penilaian meliputi kemampuan dalam membuat kisi-kisi soal, menganalisis soal, mengolah hasil penilaian, dan mengambil keputusan. Namun, secara umum peneliti melihat kemampuan guru-guru PKn di SMP N 19 bandar lampung dalam melakukan penilaian masih belum maksimal dan perlu untuk diperbaiki. Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimanakah kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian pada semester ganjil mata pelajaran PKn di SMP Negeri 19 Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan subjek penelitian guru PKn di SMP Negeri 19 Bandar Lampung berjumlah 4 orang yang akan dijadikan sebagai sampel dalam penelitian. Teknik pokok digunakan adalah angket, sedangkan wawancara, dokumentasi sebagai teknik penunjang. Hasil penelitian menunjukan kemampuan guru dalam melakukan penilaian dengan indikator membuat kisi-kisi soal 2 orang atau 50% kategori mampu, 1 orang atau 25% kategori cukup mampu, dan 1 orang atau 25% kategori kurang mampu. Kemampuan menganalisis soal 1 orang atau 25% kategori mampu, 2 orang atau 50% kategori cukup mampu, dan 1 orang atau 25% kategori kurang mampu. Kemampuan mengolah hasil penilaian 1 orang atau 25% kategori mampu dan 3 orang atau 75% kategori kurang mampu. Kemampuan dalam mengambil keputusan 2 orang atau 50% kategori mampu, 1 orang atau 25% kategori cukup mampu, dan 1 orang atau 25% kategori kurang mampu. Berdasarkan analisis hasil penelitian bahwa kemampuan guru dalam melakukan penilaian sudah baik.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 25 Jan 2016 08:47
Terakhir diubah: 25 Jan 2016 08:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19898

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir