0613023017, DESTI ARI YANI (2012) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI KIMIA, MODEL PRAKTIKUM, DAN LKS UNTUK MENGUNGKAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA. Digital Library.
|
File PDF
bab 1 desti.pdf Download (197Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2 desti.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3 desti.pdf Download (154Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4 desti.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (908Kb) |
||
|
File PDF
bab 5 desti.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
dapus.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK DESTI.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (122Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Sanwacana.pdf Download (149Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Berdasarkan hasil observasi di SMAN 8 Bandar Lampung diketahui bahwa pembelajaran menggunakan LKS telah dilakukan di SMAN 8 Bandar Lampung. Namun, LKS yang digunakan belum membimbing siswa untuk meningkatkan keterampilan generik sainsnya. Dari hasil diskusi dengan salah satu guru kimia diperoleh informasi bahwa kurangnya keterlibatan siswa disebabkan LKS yang digunakan siswa kurang efektif hal ini disebabkan LKS tidak disertai langkahlangkah kronologis yang mengiring siswa untuk meningkatkan keterampilan generik sainsnya. Oleh karena itu, peneliti merancang pembelajaran dengan mengembangkan LKS kimia berbasis keterampilan generik sains. Tujuan penelitian ini adalah membuat model praktikum, LKS, dan animasi kimia berbasis keterampilan generik sains, kemudian menentukan (1) tingkat Ria Maresty keterbacaan dan keterlaksanaan LKS dan animasi kimia; (2) Tingkat keterampilan generik sains siswa; dan (3) tanggapan siswa dan guru terhadap penggunaan praktikum, LKS, dan animasi kimia. Sampel dalam penelitian ini adalah 31 orang siswa kelas XI IPA1 dan dua orang guru kimia SMAN 16 Bandar Lampung. Penelitian dibagi menjadi 3 tahap yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis data. Metode yang digunakan tahap pelaksanaan (uji coba terbatas) one group pre-tes and pos-tes. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dengan menggunakan teknik penskoran. Hasil dari penelitian ini adalah (1) LKS kimia berbasis keterampilan generik sains mempunyai persentase tingkat keterbacaan yaitu dan keterlaksanaan yaitu 78,81% dengan kriteria tinggi, artinya sebagian besar siswa mampu menyerap isi pesan dan melaksanakan LKS dengan baik; (2) peningkatan keterampilan generik sains siswa sebesar 0,77 untuk bahasa simbolik dengan kriteria tinggi, 0,57 untuk hukum sebab akibat dengan kriteria sedang, 0,42 untuk pemodelan matematika dengan kriteria sedang, dan 0,56 untuk membangun konsep dengan kriteria sedang; (3) guru dan sebagian besar siswa berpendapat bahwa penggunaan LKS berbasis keterampilan generik sains ini sangat membantu siswa melakukan percobaan, merumuskan kesimpulan dan membuat siswa lebih terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Kata kunci : Pengembangan,Model praktikum, LKS, Animasi kimia, Keterampilan generik sains. Ria Maresty
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bahasa Inggris |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 12:32 |
Terakhir diubah: | 25 Jan 2016 12:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19946 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |