UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 WAY HALIM PERMAI (Studi di Sekolah Dasar Negeri 2 Way Halim Permai Kec. sukarame Bandar lampung) TAHUN PELAJARAN 2010/2011

0913069056, MARNIATI (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 WAY HALIM PERMAI (Studi di Sekolah Dasar Negeri 2 Way Halim Permai Kec. sukarame Bandar lampung) TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0913069056-abstrak.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0913069056-pendahuluan.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0913069056-kesimpulan.pdf

Download (20Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan pengamatan awal, aktivitas belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Way Halim Permai khususnya pada mata pelajaran matematika sangat rendah hal ini berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa. Oleh karena itu perlu upaya peningkatan aktivitas belajar siswa. Salah satu alternatif penyelesainnya adalah penerapan pada pendekatan kontekstual pembelajaran pada matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang difokuskan pada situasi kelas, adapun prosedur penelitian yang digunakan berbentuk siklus ( cycle ). Tiap siklus terdiri dari 4 kegiatan yaitu : (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; (4) refleksi. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa sedangkan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa analisa data mengggunakan rumus sedrhana yaitu rata-rata hitung. Hasil analisa data menunjukkan bahwa pembelajaran pendekatan pada mata pelajaran matematika siswa kelas V sekolah dasar negeri 2 way halim permai dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas belajar antara siklus I dan silkus II meningkatkan 58,83% menjadi 69,93%. Dan siklus III menjadi 82,65% Kenaikan nilai siswa ini menunjukkan peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi materi yang disajikan dengan benar.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:56
Terakhir diubah: 26 Jan 2016 04:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20384

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir