Peningkatan Kemampuan Mengarang Deskripsi Melalui Penggunaan Media Gambar pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Labuhan Ratu Bandarlampung

1013066016, S A L M I N A (2016) Peningkatan Kemampuan Mengarang Deskripsi Melalui Penggunaan Media Gambar pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Labuhan Ratu Bandarlampung. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
1013066016-abstrak.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1013066016-kesimpulan.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1013066016-pendahuluan.pdf

Download (31Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rendahnya kemampuan mengarang deskripsi siswa SD Negeri 1 Labuhan Ratu merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti melakukan penelitian tindakan dengan cara memanfaatkan media gambar guna meningkatkan kemampuan mengarang deskripsi. Untuk itu, tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan mengarang deskripsi melalui penggunaan media gambar, khususnya siswa kelas VA SD Negeri 1 Labuhan Ratu Bandarlampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) melalui refleksi diri yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan-tahapan sebagai berikut: 1) perencanaan (Planning); 2) tindakan (action); 3) pengamatan (observation), dan 4) refleksi (reflection). Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 1 Labuhan Ratu tahun pelajaran 2010/ 2011 berjumlah 40 orang, terdiri dari 18 laki-laki dan 22 perempuan. i Salmina Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa dalam mengarang deskripsi diperoleh rata-rata nilai sebesar 51,62 atau dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan memanfaatkan media gambar diperoleh rata-rata nilai kemampuan mengarang deskripsi pada siklus I sebesar 59,40 dengan kategori sedang, atau meningkat sebesar 7,78 atau 19,45%. Sedangkan kemampuan mengarang deskripsi pada siklus II diperoleh nilai rata- rata sebesar 75,10 dengan kategori baik sekali atau mengalami peningkatan sebesar 15,70 atau 37,5%. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media gambar dapat meningkatkan kemampuan mengarang deskripsi siswa.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 26 Jan 2016 05:01
Terakhir diubah: 26 Jan 2016 05:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20457

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir