PERBANDINGAN PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STAD

0643024052, Suwanti (2012) PERBANDINGAN PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STAD. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
Cover, Abstrak.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
menyetujui.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN SKRIPSI MAHASISWA.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP, persembahan, motto.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (133Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar isi.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab I.pdf

Download (174Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (192Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab III.pdf

Download (280Kb) | Preview
[img] File PDF
bab IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (633Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab V.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

SMPN 20 Bandar Lampung masih menggunakan pembelajaran dengan metode diskusi sehingga siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya penguasaan materi siswa. Dengan demikian diperlukan suatu alternatif model pembelajaran yang menarik sehingga siswa dapat meningkatkan aktivitas dan solidaritas sosial siswa dalam belajar yang dapat memberikan dampak positif terhadap penguasaan materi siswa. Beberapa diantaranya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penguasaan materi pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia yang lebih tinggi antara siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan model pembelajaran iii kooperatif tipe STAD; (2) aktivitas belajar siswa yang lebih tinggi antara siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2011-2012 di SMPN 20 Bandar Lampung, dengan sampel siswa-siswi kelas VIIID sebagai kelompok eksperimen I dan siswa-siswi kelas VIIIE sebagai kelompok eksperimen II. Sampel tersebut dipilih dari populasi dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-postest kelompok tak ekuivalen. Data penelitian ini berupa penguasaan materi pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia yang diperoleh dari nilai pretes, postes dan skor gain siswa. Data tersebut dianalisis secara statistik dengan uji t melalui program SPSS 17. Selain itu, dalam penelitian ini digunakan data aktivitas belajar siswa yang diambil melalui lembar observasi selama proses pembelajaran, kemudian dianalisis dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) penguasaan materi pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia oleh siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw (N-gain = 65,60) lebih tinggi dibandingkan dengan tipe STAD (N-gain = 54,32); (2) Rata-rata aktivitas belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw (77,4) lebih tinggi dibandingkan dengan tipe STAD (70,4). Kata kunci : Jigsaw, STAD, Penguasaan materi, Sistem Pencernaan Pada Manusia.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 18 May 2016 06:53
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20793

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir