0713024052, Yuli Kurniawati (2012) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (project based learning) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 1.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (308Kb) | Preview |
|
File PDF
IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (428Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 1 Bandar Lampung menunjukkan bahwa guru bidang studi biologi belum menciptakan kegiatan pembelajaran yang mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa, selama ini guru berperan dominan sebagai pusat informasi bagi siswa dengan menggunakan metode ceramah atau diskusi kelompok dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) terhadap keterampilan berpikir kritis, aktivitas, dan keberhasilan siswa dalam merancang dan melaksanakan proyek. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2011 dengan desain pretes-postes tak ekuivalen. Pemilihan sampel secara cluster random sampling. Data penelitian berupa nilai keterampilan berpikir kritis yang diperoleh dari pretes, postes, dan N-Gain, yang kemudian dianalisis menggunakan uji t dan uji U (Mann Whitney Test) melalui program SPSS 17 dan data aktivitas siswa berupa bekerjasama, melakukan diskusi, bertanya, dan melakukan presentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, rata-rata peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi yaitu 0,43, sedangkan pada kelompok kontrol 0,29. Keterampilan berpikir kritis siswa pada indikator memberikan argumentasi, melakukan deduksi, dan melakukan induksi pada kelompok eksperimen lebih tinggi. Sebaliknya, keterampilan berpikir kritis siswa melakukan evaluasi pada kelompok eksperimen lebih rendah. Rata-rata aktivitas siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi, yaitu 77,01 sedangkan pada kelompok kontrol 63,81. Dari beberapa uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek (project based learning) berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci : Project based learning, keterampilan berpikir kritis siswa.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | tik7 . Unila |
Date Deposited: | 18 May 2016 06:53 |
Terakhir diubah: | 18 May 2016 06:53 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20797 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |