PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (project based learning) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2011/2012

0713024052, Yuli Kurniawati (2012) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (project based learning) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover 1.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover 2.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cv.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (170Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (308Kb) | Preview
[img] File PDF
IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (428Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 1 Bandar Lampung menunjukkan bahwa guru bidang studi biologi belum menciptakan kegiatan pembelajaran yang mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa, selama ini guru berperan dominan sebagai pusat informasi bagi siswa dengan menggunakan metode ceramah atau diskusi kelompok dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) terhadap keterampilan berpikir kritis, aktivitas, dan keberhasilan siswa dalam merancang dan melaksanakan proyek. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2011 dengan desain pretes-postes tak ekuivalen. Pemilihan sampel secara cluster random sampling. Data penelitian berupa nilai keterampilan berpikir kritis yang diperoleh dari pretes, postes, dan N-Gain, yang kemudian dianalisis menggunakan uji t dan uji U (Mann Whitney Test) melalui program SPSS 17 dan data aktivitas siswa berupa bekerjasama, melakukan diskusi, bertanya, dan melakukan presentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, rata-rata peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi yaitu 0,43, sedangkan pada kelompok kontrol 0,29. Keterampilan berpikir kritis siswa pada indikator memberikan argumentasi, melakukan deduksi, dan melakukan induksi pada kelompok eksperimen lebih tinggi. Sebaliknya, keterampilan berpikir kritis siswa melakukan evaluasi pada kelompok eksperimen lebih rendah. Rata-rata aktivitas siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi, yaitu 77,01 sedangkan pada kelompok kontrol 63,81. Dari beberapa uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek (project based learning) berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci : Project based learning, keterampilan berpikir kritis siswa.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 18 May 2016 06:53
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20797

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir