PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

0743022031, Ketut Triyogi Kusumawati (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. COVER.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. cover dalam.pdf

Download (144Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. MENGESAHKAN.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I NEW.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (177Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (204Kb) | Preview
[img] File PDF
IV new.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (225Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab V.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil belajar fisika siswa SMA Swadhipa Natar masih sangat rendah dan belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan rata-rata hasil belajar fisika siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS; (2) Perbedaan rata-rata hasil belajar fisika siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran PBL; (3) Perbedaan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan model pembelajaran PBL. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk Quasi Eksperiment dengan tipe Pretest-Post test Non Equivalent Control Group Design dan lokasi penelitian di SMA Swadhipa Natar. Sampel diambil dua kelas yaitu kelas XI IPA1 dan XI IPA2. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan skor pretest dan posttest, skor N-gain dan pengujian hipotesis menggunakan uji Paired Sampel t-test dan Independent Sample t-test. Selanjutnya untuk mengetahui adanya perbedaan antara variabel terikat dengan variabel terikat dengan menggunakan uji Paired Sampel t-test dan Independent Sample t-test. Hasil analisis data terdapat perbedaan antara: (1) hasil belajar fisika siswa sebelum rata-rata hasil belajar fisika siswa sebelum diterapkannya model Ketut Triyogi Kusumawati pembelajaran TPS adalah 56,66 dan sesudah diterapkannya model pembelajaran TPS adalah 78,78, (2) hasil belajar fisika siswa sebelum diterapkannya pembelajaran PBL adalah 57,65 dan setelah diterapkannya pembelajaran PBL adalah 92,65, (3) hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS mengalami kenaikan sebesar 22% dan model pembelajaran pembelajaran PBL mengalami kenaikan sebesar 35%. Kata kunci: Kooperatif tipe TPS, PBL, Hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 18 May 2016 06:55
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20804

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir