0813031024, Ellysa Dianvitasari (2012) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL (Studi Pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 14 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012). Digital Library.
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover luar.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover dalam.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Halaman persetujuan.pdf Download (118Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Halaman pengesahan.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Persembahan.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Motto.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Riwayat hidup.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Sanwacana.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Surat pernyataan.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (158Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (243Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BABA III.pdf Download (233Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
File PDF
BABA IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (14Mb) |
||
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar ekonomi siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan Number Head Together (NHT) dengan memperhatikan kemampuan awal siswa pada mata pelajaran ekonomi. Kedua model tersebut diterapkan di kelas yang berbeda. Model Group Investigation (GI) pada kelas eksperimen dan model Number Head Together (NHT) pada kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 275 orang siswa kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung pada semester genap tahun pelajaran 20011/2012, dengan jumlah sampel sebanyak 48 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan awal untuk mengetahui tingkat kemampuan awal siswa pada mata pelajaran ekonomi dan tes hasil belajar untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa setelah diterapkan model pembelajaran tersebut. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan rumus analisis varians dua jalan dan rumus t-test separated varians. Hasil penelitian menunjukkan (1) pada pengujian hipotesis pertama diperoleh Fhitung = 13,440 dan Ftabel = 4,06, menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel, maka hipotesis diterima. (2) pada pengujian hipotesis kedua diperoleh thitung = 3,832 dan ttabel = 2,074, menunjukkan bahwa thitung > ttabel, maka hipotesis diterima. (3) pada pengujian hipotesis ketiga diperoleh thitung = 1,560 dan ttabel = 2,074, menunjukkan bahwa thitung < ttabel, maka hipotesis ditolak. (4) pada pengujian hipotesis keempat diperoleh Fhitung = 1,646 dan Ftabel = 4,06, menunjukkan bahwa Fhitung < Ftabel, maka hipotesis ditolak. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan (1) Terdapat perbedaan Hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) dibandingkan yang pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Number Head Together (NHT). (2) Hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Number Head Together (NHT). (3) Hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Number Head Together (NHT). (4) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa pada mata pelajaran ekonomi. Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe GI dan NHT, serta Kemampuan Awal
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | tik7 . Unila |
Date Deposited: | 18 May 2016 06:53 |
Terakhir diubah: | 18 May 2016 06:53 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20854 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |