PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN MENYIMPULKAN, DAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM KOLOID

0713023048, VALENTINA YESI FEBRIANI (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN MENYIMPULKAN, DAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM KOLOID. digilib library.

[img]
Preview
File PDF
I.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
II.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
III.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img] File PDF
IV .pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (330Kb)
[img]
Preview
File PDF
V.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. judul, sah, se7.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6.DAFTAR ISI.pdf

Download (20Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan observasi pembelajaran kimia di kelas XI IPA SMA Yos Sudarso Metro, sebagian besar siswa tidak berperan aktif dalam pembelajaran. Nilai rata-rata sistem koloid dari tahun ke tahun < 70, pada TP 2009-2010 sebesar 65,7. Kriteria Ketuntasan Minimal pelajaran kimia yaitu 100% siswa mencapai nilai ≥70, ha¬nya 56,7% tercapai. Selama ini siswa belum pernah dilatih keterampilan menyimpulkan. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut ada¬lah dengan menerap-kan pembelajaran kooperatif teknik NHT. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan: (1) aktivitas on task, (2) keterampilan menyimpulkan, (3) penguasaan konsep sistem koloid, (4) ketuntasan belajar melalui pembelajaran kooperatif teknik NHT . Penelitian ini adalah tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Yos Sudarso Metro TP 2010-2011 yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terja¬di peningkatan dari siklus I ke II dan siklus II ke III, yaitu : (1) Aktivitas on task, berupa diskusi kelompok sebesar 10,4% dan 22,9%, bertanya pada guru sebesar 8,3% dan 8,3%, member¬i¬kan pen-dapat sebesar 7,8% dan 10,5%, dan menjawab perta¬nyaan guru sebesar 6,3% dan 11,5%, (2) keterampilan menyimpulkan pada kelompok keterampilan tinggi sebesar 13,3% dan 16,7%, (3) penguasaan konsep sebesar 9,28% dan 10,37%, (4) ketun¬tasan belajar sebesar 6,7% dan 20%. Dengan demikian, semua indikator kinerja pene¬litian ini tercapai. Kata kunci: pembelajaran kooperatif teknik NHT, aktivitas on task, keterampilan menyimpulkan, penguasaan konsep, ketuntasan belajar,

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 18 May 2016 06:51
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20976

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir