UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIKAP LILIN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS VII.2 SMP NEGERI 1 RUMBIA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

0713051010, NOVI SEFRIANA (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIKAP LILIN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS VII.2 SMP NEGERI 1 RUMBIA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. digilib library.

[img]
Preview
FIle PDF
SKRPSI COVER.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI new.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
1.pdf

Download (5Mb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
2.pdf

Download (15Mb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
3.pdf

Download (7Mb) | Preview
[img] FIle PDF
4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (7Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
5.pdf

Download (867Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan dan memperbaiki proses pembelajaran senam lantai terutama pada materi pembelajaran sikap lilin pada siswa kelas VII.2 SMP NEGERI 1 Rumbia Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2010/2011. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Class room action research) dengan dua siklus, dimana setiap siklusnya memiliki kegiatan berbeda. Siklus pertama menggunakan bantuan teman sejawat yang membantu untuk memperbaiki posisi kaki agar tegak lurus ke atas dan posisi kedua tangan sebagai penopang tubuh serta memperbaiki posisi pundak sebagai landasan gerak. Siklus kedua menggunakan dua buah tiang kayu dan satu buah tiang yang berfungsi sebagai penyangga. Guna memperbaiki posisi tangan,kaki dan bahu yang digunakan sebagai landasan gerak. Pengumpulan data di ambil dari tes akhir berupa pengamatan dari sikap awal, pelaksanaan, dan sikap akhir. Sedangkan teknik analisis data menggunakan tabulasi dan prosentasi. Hasil penelitian menunjukan siklus pertama menghasilkan peningkatan sebesar 34%, siklus kedua sebesar 41%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pebelajaran senam lantai khususnya sikap lilin dengan menggunakan bantuan teman dan tiang penyangga dalam pembelajaran berlangsung lebih efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar bagi siswa-siswi SMP NEGERI 1 Rumbia Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2010/2011.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 18 May 2016 06:51
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20991

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir