PENGARUH SIKAP ILMIAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

0743022015, Dwi Fitriani (2016) PENGARUH SIKAP ILMIAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA. digilb library.

[img]
Preview
File PDF
2. Abstrak.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. Daftar Isi.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover te2h.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1 aQ_Fix hasil.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II aQ_Fix hasil.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III aQ_Fix hasil.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV aQ_Fix hasil.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (131Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V aQ_Fix hasil.pdf

Download (15Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) apakah terdapat pengaruh sikap ilmiah terhadap hasil belajar siswa? (2) apakah terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa? (3) apakah terdapat pengaruh sikap ilmiah dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa? Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 15 Bandar Lampung sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X5 semester ganjil yang berjumlah 36 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekni purposive sampling. Variabel terdiri dari dua variabel bebas dan satu variabel terikat, yaitu data sikap ilmiah (X1), dan data motivasi berprestasi (X2) dan data hasil belajar fisika (Y) hanya mencangkup ranah kognitif saja. Berdasarkan uji normalitas diketahui bahwa data hasil belajar berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan analisis data untuk menguji data pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat dengan menggunakan uji regresi tunggal (regresi sederhana). Kemudian dilakukan uji regresi berganda. Bentuk persamaan regresinya: (1) pengaruh sikap ilmiah terhadap hasil belajar Y = 25,967 + 1,161 X (2) pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Y = 18,505 + 0,988 X, (3) pengaruh sikap ilmiah dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Y = 4,462 + 0,786 X1 + 0,647 X2. Hasil analisis data didapatkan bahwa terdapat hubungan positif antara: (1) pengaruh sikap ilmiah dalam pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar yang ditunjukkan oleh nilai sig sebesar 0,000, (2) pengaruh motivasi berprestasi dalam pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar yang ditunjukkan oleh nilai sig sebesar 0,000. (3) pengaruh sikap ilmiah dan motivasi berprestasi dalam pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar yag ditunjukkan oleh nilai sig sebesar 0,000. Karena nilai sig tersebut jauh dibawah α (0,05) maka, secara umum disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara sikap ilmiah terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran inkuiri terbimbing, (2) terdapat pengaruh antara motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran inkuiri terbimbing, dan (3) terdapat pengaruh antara sikap ilmiah dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran inkuiri terbimbing Kata kunci : Inkuiri Terbimbing, Sikap Ilmiah, Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 18 May 2016 06:44
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20996

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir