, Yuli Yani (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS X.1 SEMESTER GENAP PADA SMK BAKAUHENI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (255Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (213Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (315Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (252Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (1475Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu mengenai upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada pelajaran IPS di kelas X.1 SMK Bakauheni Lampung Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus dari masing-masing siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada pelajaran IPS di kelas X.1 SMK Bakauheni Lampung Selatan selalu mengalami peningkatan untuk setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian sebagai berikut. 1. Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas X.1 SMK Bakauheni dapat meningkatkan aktivitas belajar Siswa pada setiap siklusnya. pada siklus I pertemuan pertama sebesar 55,88% dan pada siklus I pertemuan kedua sebesar 61,76%, siklus II pertemuan sebesar 73,52% dan siklus II pertemuan kedua sebesar 79,41% dan siklus III pertemuan sebesar 85,29% dan siklus III pertemuan kedua sebesar 94,12%. 2. Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT)pada Siswa kelas X.1 SMK Bakauheni dapat meningkatkan hasil belajar Siswa. Persentase ketuntasan kelas dan nilai rata-rata kelas pada siklus I menunjukan persentase ketuntasan sebesar 61,76% pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan sebesar 76,47% dan pada siklus III mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan sebesar 91,18%. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, dan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > HB Economic Theory > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 08 Jan 2014 04:50 |
Terakhir diubah: | 08 Jan 2014 04:50 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/213 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |