UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS X.1 SEMESTER GENAP PADA SMK BAKAUHENI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

, Yuli Yani (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS X.1 SEMESTER GENAP PADA SMK BAKAUHENI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (255Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (213Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (315Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (252Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (1475Kb)

Abstrak

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu mengenai upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada pelajaran IPS di kelas X.1 SMK Bakauheni Lampung Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus dari masing-masing siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada pelajaran IPS di kelas X.1 SMK Bakauheni Lampung Selatan selalu mengalami peningkatan untuk setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian sebagai berikut. 1. Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas X.1 SMK Bakauheni dapat meningkatkan aktivitas belajar Siswa pada setiap siklusnya. pada siklus I pertemuan pertama sebesar 55,88% dan pada siklus I pertemuan kedua sebesar 61,76%, siklus II pertemuan sebesar 73,52% dan siklus II pertemuan kedua sebesar 79,41% dan siklus III pertemuan sebesar 85,29% dan siklus III pertemuan kedua sebesar 94,12%. 2. Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT)pada Siswa kelas X.1 SMK Bakauheni dapat meningkatkan hasil belajar Siswa. Persentase ketuntasan kelas dan nilai rata-rata kelas pada siklus I menunjukan persentase ketuntasan sebesar 61,76% pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan sebesar 76,47% dan pada siklus III mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan sebesar 91,18%. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, dan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 08 Jan 2014 04:50
Last Modified: 08 Jan 2014 04:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item View Item