PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENUMBUHKAN SIKAP KEBANGSAAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Muhammad Huddam Siregar, ABDUL GANI (2014) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENUMBUHKAN SIKAP KEBANGSAAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (329Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (182Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1815Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan sikap Kebangsaan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan( PKn) dengan menggunakan model problem based learning pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas X 8 SMA Negeri 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012-2013. Penelitian ini dilaksanakan dengan proses pembelajaran yang menerapkan langkah-langkah model pembelajaran problem based learning pada setiap siklusnya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas, yang dilakukan untuk menumbuhkan sikap kebangsaan siswa, kekurangan dan kelebihan guru, serta siswa dalam proses pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan dalam tiga siklus, data hasil observasi dari setiap siklus menjadi dasar atau bahan perbaikan pada siklus berikutnya. Penelitian ini di hentikan jika indikator yang di tetapkan telah tercapai. Hasil penelitian yang di peroleh menunjukkan bahwa (1) model problem based learning dapat menumbuhkan sikap kebangsaan siswa (2) model problem based learning dapat menumbuhkan kreativitas guru. Pada siklus I, 20 siswa memiliki sikap kebangsaan dengan rata-rata nilai 62%, siklus II menunjukan pertumbuhan yaitu 24 siswa atau rata-rata nilai 74%, dan pertumbuhan sikap kebangsaan siswa semakin meningkat pada sisklus III, yaitu 28 siswa dengan rata rata nilai 86 % dari jumlah peserta didik secara keseluruhan yaitu 32 siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dapat menumbuhkan sikap kebangsaan siswa kelas X SMA Negeri 9 Bandar Lampung Tahun pelajaran 2012-2013 Kata kunci: Model problem based learning, pertumbuhan sikap kebangsaan . This class action research aims to ascertain the nationality growth of the attitude in Citizenship Education by using a model of problem-based learning in civics of the class X 8 in SMAN 9 Bandar Lampung school year 2012/2013 . This study was conducted with the learning process of applying measures of problem-based learning model of learning in each cycle . This type of research is a class action research , which is done to further the student’s nationality, the strengths and weaknesses of teachers and students in the learning process. This activity is carried out in three cycles , each observation data will be usedin fundamental or material improvement in the next cycle . The researchwas stopped if the indicator has been reached . The results obtained show that : 1 . Problem based learning can increase student’s nationality attitudes. 2 . Problem based learning can increase the creativity of the teachers. In the first cycle , 20 students have the nationality attitude with an average value of 62 % . The second cycle shows the enhancement of the 24 students with an average value 74 % and the nationality attitudeof the third cycle keepgrowing up, 28 students with an average value of 86 % from 32 students overall. It can be concluded that the model of problem-based learning can foster self- nationality of the first grade in SMAN 9 Bandar Lampung in the Academic Year 2012/2013 Keywords : Model of problem based learning , The growth of national attitudes

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > HV Social pathology. Social and public welfare
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 05 Jul 2014 04:54
Terakhir diubah: 05 Jul 2014 04:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2214

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir