MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR DENGAN ANIMASI STOPMOTION PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BUKITKEMUNING TAHUN PELAJARAN 2015/2016

RACHMAT AGUNG NUGROHO, 1013033052 (2016) MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR DENGAN ANIMASI STOPMOTION PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BUKITKEMUNING TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2850Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1481Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Media Pembelajaran adalah suatu bagian dalam proses belajar mengajar yang tidak dapat dipisahkan keberadaannya. Penggunaan media pembelajaran bertujuan untuk melengkapi komponen pembelajaran. Dalam proses pembelajaran seorang guru dianjurkan untuk memanfaatkan media pembelajaran agar dapat mencitakan proses pembalajaran yang menarik. Seiring perkembangan zaman, teknologi sudah banyak digunakan dalam bidang pendidikan salah satunya adalah Media film. Pengembangan media perlu dilakukan agar dapat menghasilkan media pembelajaran yang menarik dan baru. Pada penelitian ini peneliti mengembangkan media animasi dengan teknik stopmotion. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan media pembelajaran animasi stopmotion pada mata pelajaran Sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bukitkemuning tahun pelajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau biasa dikenal dengan Research and Development (R&D). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 118 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah kelas XI IPS 2 yaitu sebanyak 30 siswa. Hasil Penelitian diketahui bahwa proses pengembangan media animasi stopmotion pada mata pelajaran Sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bukitkemuning memalui beberapa tahap antara lain: (1) Potensi dan masalah; (2) Mengumpulkan informasi; (3) Desain produk; (4) Validasi desain; (5) Perbaikan desain; (6) Uji coba produk; (7) Revisi produk; (8) Uji coba pemakaian; (9) Revisi produk; dan (10) Pembuatan secara massal. Dalam pembuatan media pembelajaran melalui tahap pra produksi, tahap produksi dan tahap pasca produksi. Setelah melalui berbagai tahapan tersebut dinyatakan bahwa media pembelajaran dengan animasi stopmotion layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LA History of education
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 26202707 . Digilib
Date Deposited: 14 May 2016 04:14
Terakhir diubah: 14 May 2016 04:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22250

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir