RACHMAT AGUNG NUGROHO, 1013033052 (2016) MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR DENGAN ANIMASI STOPMOTION PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BUKITKEMUNING TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2850Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1481Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Media Pembelajaran adalah suatu bagian dalam proses belajar mengajar yang tidak dapat dipisahkan keberadaannya. Penggunaan media pembelajaran bertujuan untuk melengkapi komponen pembelajaran. Dalam proses pembelajaran seorang guru dianjurkan untuk memanfaatkan media pembelajaran agar dapat mencitakan proses pembalajaran yang menarik. Seiring perkembangan zaman, teknologi sudah banyak digunakan dalam bidang pendidikan salah satunya adalah Media film. Pengembangan media perlu dilakukan agar dapat menghasilkan media pembelajaran yang menarik dan baru. Pada penelitian ini peneliti mengembangkan media animasi dengan teknik stopmotion. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan media pembelajaran animasi stopmotion pada mata pelajaran Sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bukitkemuning tahun pelajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau biasa dikenal dengan Research and Development (R&D). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 118 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah kelas XI IPS 2 yaitu sebanyak 30 siswa. Hasil Penelitian diketahui bahwa proses pengembangan media animasi stopmotion pada mata pelajaran Sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bukitkemuning memalui beberapa tahap antara lain: (1) Potensi dan masalah; (2) Mengumpulkan informasi; (3) Desain produk; (4) Validasi desain; (5) Perbaikan desain; (6) Uji coba produk; (7) Revisi produk; (8) Uji coba pemakaian; (9) Revisi produk; dan (10) Pembuatan secara massal. Dalam pembuatan media pembelajaran melalui tahap pra produksi, tahap produksi dan tahap pasca produksi. Setelah melalui berbagai tahapan tersebut dinyatakan bahwa media pembelajaran dengan animasi stopmotion layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LA History of education > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 26202707 . Digilib |
Date Deposited: | 14 May 2016 04:14 |
Terakhir diubah: | 14 May 2016 04:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22250 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |