Asmungi, AHMAD UNTORO (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN MENGELOMPOKKAN. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (133Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (133Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (137Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (187Kb) |
||
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (201Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (44Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (2862Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving pada materi larutan penyangga dan hidrolisis dalam mening-katkan keterampilan mengkomunikasikan dan mengelompokkan. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 14 Bandar Lampung semester Genap Tahun Ajaran 2011-2012 dengan kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 3 sebagai sampel. Efektivitas pembelajaran problem solving diukur berdasarkan perbedaan N-gain keterampilan mengkomu-nikasikan dan mengelompokkan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata N-gain keterampilan mengkomunikasikan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,36 dan 0,46; dan rerata N-gain keterampilan mengelompokkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,29 dan 0,55. Pengujian hipotesis pada penelitian ini meng-gunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan rumus statistik uji-t. Hasil pengujian Ahmad Untoro hipotesis menunjukkan bahwa keterampilan mengkomunikasikan dan mengelom-pokkan pada materi larutan penyangga dan hidrolisis yang diterapkan model pembelajaran problem solving lebih tinggi daripada siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keteram-pilan mengkomunikasikan dan mengelompokkan. Kata kunci: problem solving, mengkomunikasikan, mengelompokkan.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 08 Jan 2014 05:13 |
Terakhir diubah: | 08 Jan 2014 05:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/224 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |