PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II DENGAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

TUGIYAH, (1213023073) (2016) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II DENGAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1501Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1502Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan model pembelajaran SiMaYang tipe II dengan discovery learning dalam meningkatkan kemampuan me¬takognisi dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 16 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 yang tersebar dalam 12 kelas. Tek¬nik pe¬milihan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling, sampel dalam penelitian ini adalah kelas X2 dan X12. Kelas X2 sebagai kelas eksperimen I yang diterapkan model pembelajaran SiMaYang Tipe II dan kelas X12 sebagai kelas eksperimen II (kontrol) yang diterapkan model pembelajaran Discovery Learning. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Perbandingan model pembelajaran SiMaYang tipe II dengan discovery learning diukur berdasarkan peningkatan kemampuan meta¬kog¬nisi dan penguasaan konsep siswa dengan melihat rata-rata nilai n-Gain. Hasil penelitian menunjukkan pada kelas eksperimen I nilai n-Gain kemampuan metakognisi siswa terletak pada kategori “tinggi”, sedangkan nilai n-Gain pada kelas eks¬perimen II berkategori “sedang”. Begitu pula peningkatan penguasaan konsep siswa, pada kelas eksperimen I nilai n-Gain penguasaan konsep siswa ter¬letak pada kategori “tinggi” dan kelas eksperimen II berkategori “sedang”. Pe¬ning¬katan kemampuan metakognisi dan penguasaan konsep siswa juga dapat di¬lihat dari respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa se¬lama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model pembelajar¬an SiMaYang tipe II lebih baik dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit dibandingkan dengan model pembelajaran Discovery Learning. Kata kunci : model SiMaYang Tipe II, discovery learning, kemampuan metakognisi, penguasaan konsep

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 83455329 . Digilib
Date Deposited: 24 Jun 2016 04:24
Terakhir diubah: 24 Jun 2016 04:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22873

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir